Minggu, 12 Januari 2020

SAAT TEDUH - "KASIH"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

12/01/2020
Bacaan : 1 Timotius 5
Rhema :

"KASIH"

Hasil gambar untuk kasih"

"Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu, perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian."-(1 Timotius 5:1-2)

Kadang emosi membuat kita lupa akan peran kita, akan siapa kita, emosi seringkali membuat orang tidak terkontrol, sering kita menemukan berita-berita yang angat tidak baik didengar dan dilihat, bagaimana mungkin seorang anak membunuh ayahnya atau sebaliknya, banyak kasus yang seringkali kita temui diluar sana, bagaimana seseorang dikuasai oleh kejahatan-kejahatan yang membenarkan kesalahan mereka yang mereka lakukan itu.

Oleh sebab itu hari ini Tuhan lewat FirmanNya mengajarkan kepada kita bagaimana kita harus hidup didalam Tuhan dengan penuh kasih dan sayang kepada semua orang, sehingga ketika kita menghadapi suatu situasi yang berat kita mengatasinya dengan baik dan sesuai dengan Firman Tuhan.

Hari ini kita mau belajar bagaiman peran kita sebagai anak kita harus menghormati orangtua kita, sebagai orangtua kita harus membimbing mereka dengan penuh kasih dan sayang, sebagai saudara kita harus saling mngasihi, dan sebagai teman kita harus saling membangun antara satu sama lain.

Kita adalah orang yang begitu dikasihi Tuhan, Ia memilih kita, kita diselamatkan dan kita diberikan kemurahan untuk dilibatkan dalam pekerjaan Tuhan sehingga kita menjadi alat Tuhan untuk menyatakan kemuliaanNya.

Mungkin beberapa orang tidak sadar betapa sayangnya Tuhan kepada kita, bagaimana Tuhan berkorban untuk kita, supaya kita beroleh hidup yang kekal, hanya kasih karena kasihNyalah kita bisa diselamatkan dari hukuman kekal.

Tuhan mengajarkan betapa besar kuasa kasihNya, Ia mau kita hidup sama seperti Ia telah hidup, Ia mau kita memiliki kasih yang sama seperti Dia, sehingga dalam kehidupan kita kita tidak menyimpang kekanan maupun kekiri karena kita berpegang pada FirmanNya.

Ia ingin kita hidup didalam kasihNya, mengimpartasikan kasih itu kepada semua orang bukan hanya disaat kita senang, bukan diwaktu-waktu tertentu, melainkan disetiap waktu, sekalipun didalam keadaan dimana seseorang melkukan kesalahan, kasih itu tidak boleh lenyap dari hidup kita, sebab jika kasih itu hilang maka apa yang keluar dari hidup kita baik itu perkataan ataupun perbuatan tidaklah lagi sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan.

Kasih itu mengajarkan bagaimana kita harus tetap mengasihi siapapun itu meskipun ia telah melakukan kesalahan, kasih mengajarkan kita bagaimana kita harus menegur ketika ada yang melakukan kesalahan, bukan dengan cacian ataupun makian tetapi dengan kasih, dengan kepeduiliaan dan dengan kebijaksanaan sesuai dengan hikmat yang Tuhan berikan kepada kita.

Menghidupi kasih Tuhan dalam hidup kita bukanlah sesuatu hal yang mudah, tetapi jika kita mau lihat lagi kebelakang betapa Tuhan sangat mengasihi kita maka ini tidak akan terlalu sulit, kita hanya perlu berjuang melawan ke-akuan kita dalam hidup ini.

Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, terimakasih Tuhan atas segala kebaikanMu, kasihMu yang membuat kami mengerti bahwa hanya Engkaulah kebenaran itu, Tuhan ajarkan kami untuk kami terus hidup saling mengasihi antara satu dengan yang lain, bahkan didalam segala situasi kami harus tetp mengasihi. Terimakasih Tuhan Yesus hanya di dalam NamaMu, hamba mengucap syukur dan berdoa haleluya Amenn 🙏😇"

Song :
Kemanakah Aku Dapat Pergi
Menjauhi RohMu Yang Suci
Kau Sahabat
Dan Kau Dekat

Bahkan Seluruh Pengabdianku
Tak Bisa Membalas KesetiaanMu
Sungguh Mulia
Dan Berharga

Sungguh Besar
PengorbananMu Bagiku
Terlalu Dalam
Untuk Dimengerti
Sungguh Besar

Sungguh Indah
Yang Kau Pikirkan
Tentangku
Tak Terselami Bagiku
Sungguh Indah

Perintah :
"Lakukan yang Terbaik bagi Tuhan"

Pesan Tuhan :
"Tuhan sudah melakukan bagianNya"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar