Jumat, 31 Januari 2020

SAAT TEDUH - "INISIATIF DALAM MENGHORMATI DAN MEMBERKATI"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

31/01/2020
Bacaan : Ibrani 7
Rhema :

"INISIATIF DALAM MENGHORMATI DAN MEMBERKATI"

Hasil gambar untuk BHINEKA TUNGGAL IKA"

"Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi."-(Ibrani 7:7)

Kadang kekuasaan membuat manusia lupa bahwa kita sama-sama ciptaan Allah, kita sama-sama manusia, kita satu didalam Tuhan, kita keluarga Allah.

Banyak Faktor yang kadang membuat manusia lupa akan siapa dirinya, menganggap dirinya lebih berarti, lebih hebat, lebih pantas, lebih berkuasa dari orang lain, sehingga sifatnya pun merendahkan orang lain, manusia seperti ini sulit untuk bisa menghargai orang lain, karena keangkuhannya mengalahkan hati nuraninya.

Sejak semula Allah menjadikan Hawa sebagai seorang penolong bagi Adam dan Allah melihat semuanya itu BAIK, lalu jadilah seperti apa yang di Firmankan Tuhan.

      "TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."-(Kejadian 2:18)

Juga dalam Ilmu Pengetahuan Sosial kita pasti pernah mempelajari tentang Manusia sebagai Makhluk Sosial, artinya memang kita tidak bisa hidup sendiri, memang ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sendiri, tetapi tetap siapa yang benar-benar bisa melakukan semuanya sendiri? Bahkan orang yang paling berkuasa pun, seperti pimpinan-pimpinan, setinggi aapun jabaatan seseorang ia masih memerlukan bantuan dari orang-orang dibawanya, kita tidak bisa jalan sendiri dan melakukan semuanya sendiri, karena memang kita diciptakan untuk "saling" mengasihi, menghargai, membantu sesama kita.

Jadi, salah jika kita merasa kita bisa hidup seorang diri, tidak ada yang paling besar dan tidak ada yang paling kecil diantara kita, karena kita sama-sama berharganya dimata Tuhan, oleh sebab itu Ia bukan hanya menebus saya sendiri, melainkan Ia telah menebus dosa semua umat Manusia, oleh sebab itu, jangan ada pada kita hati yang maunya menang sendiri, karena keegoisan kita lah yang kadang membuat kita lupa bahwa orang lain juga berharga dimata Tuhan, tidak ada gunanya mencaci maki orang lain, dan melakukan kejahatan kepada orang lain, karena itu justru membuat kita menjadi orang yang tidak berkenan dimata Tuhan, biarlah kita mau hidup saling menghargai dan saling mengasihi satu sama lain didalam Tuhan, jadilah berkat dimanapun kita berada, supaya lewat kita orang boleh mengenal Tuhan Yesus dn Nama-Nya di Muliakan.

Seperti Melkisedek mempunyai inisiatif untuk menghormati dan memberkati Abraham yang pulang setelah mengalahkan raja-raja lain. Menerima penghargaan tersebut tidak membuat Abraham lupa diri. Abraham membalasnya dengan memberikan persembahan kepada Melkisedek selaku imam, yaitu sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik. Kedua orang besar itu telah menunjukkan sikap saling menghargai.

Memang indah jika kita mau hidup saling menghargai, mungkin kita berbeda keyakinan, ras, suku, budaya, dan segala hal lainnya, namun biarlah kita tetap hidup rukun menjadi satu keluarga, sebab dimana ada kerukunan disitulah berkat Tuhan akan dicurahkan, marilah kita hidup saling menghargai, jadikan perbedaan adalah alat bagi kita untuk menyatakan kebesaran Tuhan.

Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, terimakasih Tuhan berkat kemurahanMu kami dapat mengerti bahwa hidup kami bukanlah untuk diri kami sendiri, tetapi juga untuk orang lain, terimakasih Tuhan karena kasihMu kamk hidup, mampukan kami untuk sling mengasihi, mengampuni dan menghargai sesama kami, kami mungkin telah salah menilai bahwa semua perbedaan itu harus dipisahkan, namun malam ini kami mau belajar bahwa Tuhan menciptakan perbedaan itu supaya semakin kayalah bangsa kami, semakin indahlah negeri kami, dan semakin besarlah kuasaMu atas bangsa kami, sungguh Tuhan kami rindu bangsa kami boleh menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain. Terimkasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami sudah berdoa dan mebgucap syukur haleluya Amin"

Song :
Syukur untuk setiap rencanaMu
Dan rancanganMu yang mulia
Dalam satu tubuh kami bersatu
Mencari duta kerajaanMu

Kuucapkan berkat
atas Indonesia
Biar kemuliaan Tuhan
akan nyata

Bagi bangsa ini kami berdiri
dan membawa doa kami kepadaMu
Sesuatu yang besar pasti terjadi
dan mengubahkan negeri kami
Hanya namaMu Tuhan ditinggikan
atas seluruh bumi

Kami rindu melihat Indonesia
pulih dari semua problema
Hidup dalam jalan kebenaranMu
Pancarkan terang KemulianMu

Kuucapkan berkat
atas Indonesia
Biar kemuliaan Tuhan
akan nyata

Bagi bangsa ini kami berdiri
dan membawa doa kami kepadaMu
Sesuatu yang besar pasti terjadi
dan mengubahkan negeri kami

Perintah :
"Lakukan yang terbaik buat Tuhan"

Pesan Tuhan :
"IMANUEL"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar