Selasa, 21 Januari 2020

SAAT TEDUH - "MENJADI TELADAN YANG BENAR"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

21/1/2020

Bacaan : Titus 2
Rhema :

"MENJADI TELADAN YANG BENAR"

Hasil gambar untuk "MENJADI TELADAN YANG BENAR""

“Demikian juga orang-orang muda : nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik.”-(Titus 2 : 6-7a)

Ayat ini merupakan suatu teguran dan juga nasihat untuk kita semua, terlebih untuk anak-anak muda seperti saya, perikop ayat ini pun berjudul ”Kewajiban orangtua, pemuda dan hamba”, dalam hidup ini kita punya kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan dan pada akhirnya akan kita pertanggung-jawabkan dihadapan Tuhan nantinya.

Melalui ayat ini Tuhan mengingatkan kita apa yang menjadi tanggung-jawab kita sebagai ornagtua, anak, dan hamba, saya tahu menjadi orangtua tidaklah mudah, namun jika Firman Tuhan sudah berkata demikian maka mau tidak mau kita harus melakukannya, karena memang hanya jika kita mau melakukan kehendak Bapa di sorga yang juga artinya Firmman Tuhan, dialah yang akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga”-(Matius 7 : 21)

Memang tidak mudah bagi kita untuk melakukan kehendak Bapa dan menuruti semua perintahNya, perintah atasan kita saja kadang masih kita suka lalai, jika yang terlihat saja kita masih belum bisa taat bagaimana kita mau taat dengan Bapa kita yang di Sorga?. Tapi apapun itu, meski kadang susah untuk kita mengerti dengan logika kita, namun biarlah kita memiliki iman didalam Tuhan, meskipun kita ngga ngerti kenapa Tuhan mau kita melakukannya, tetap lakukan karena Tuhan sudah merancangkan semuanya dengan baik, jika kita mau taat maka kita akan melihat bagaiman Tangan Tuhan yang dahsyat bekerja atas hidup kita, hanya taatlah.

Sebagai anak muda pun saya pernah merasa dilema, memang iblis suka sekali menipu dengan segala kesenangannya yang sementara, makanya tidak heran jika banyak orang terjebak pada tipu daya iblis, karena memang itu keduniawian itu menjanjikan apa yang daging kita inginkan, seperti narkoba, sekali kita mencoba maka itu akan terus membawa kita masuk ke dosis yang lebih tinggi lagi sampai kita menjadi hamba dosa itu. Maka dari itu sebelum semuanya terjadi, akan lebih baik kita mendengarkan apa yang Firman Tuhan katakana kepada kita hari ini, biarlah kiranya kita bisa menguasai diri kita dalam segala hal, entah itu dalam pergaulan kita, tingkah laku kita, dan perkataan kita sehari-hari, karena penguasaan diri kita ini memang sangat perlu untuk kita latih, jangan kita lepas control dengan perkataan dan tingkah laku kita sehingga kita menjadi budaknya iblis.

Memang susah, tapi kuncinya hanya satu, bangun hubungan pribadi kita dengan Tuhan, dari situ kita akan mengerti apa yang Tuhan mau, semakin hari kita akan semakin diubahkan menjadi serupa dengan Kristus, kita akan mulai memilih dan memilah mana yang baik yang harus kita lakukan dan mana yang buruk yang harus kita tinggalkan dalam hidup kita, memang tidak mudah untuk mencari perkenanannya Tuhan, dan ngga mudah untuk menjadi seperti apa yang Tuhan mau, hanya tidak selamanya kita akan hidup didunia ini, janji Tuhan bagi kita adalah hidup kekal bersama Bapa di Sorga, jadi jangan sampai perilaku kita yang menyimpang dan karena kita tidak bisa menguasai diri kita sehingga kita kalah karena daging kita, janji Tuhan tidak tergenapi dalam hidup kita.

Harus kita sadari bahwa waktunya semakin dekat, harusnya kita tidak lagi menjadi seorang “pelajar” tetapi harusnya ini saatnya untuk kita menjadi seorang pengajar, yang bukan berarti kita berhenti untuk belajar, tetapi lebih kepada kitalah yang harusnya menjadi teladan yang baik bagi mereka diluar sana, sehingga janji Tuhan tergenapi dalam hidup kita. Biarlah kiraNya Roh Kudus selalu membimbing kita sampai kepada kesudahanNya, oleh sebab itu perlulah bagi kita untuk terus membangun Roh kita untuk tetap bersemangat didalam Tuhan.

Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Teirmakasih Tuhan atas setiap kebaikan yang telah Engkau berikan, hari ini kami boleh belajar sedikit dari FirmanMu, biarlah kiraNya FirmanMu boleh tertanam dan berbuah dalam hidup kami, jadikan kami seperti apa yang Tuhan mau, biarlah kami boleh menjadi teladan bagi orang-orang diluar sana yang belum mengenal Engkau, sehingga mereka boleh melihat Kristus ada dalam diri kami. Terimakasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami sudah berdoa dan mengucap syukur Amin.

Song :
Kudatang ya Bapa
Dalam kerinduan
Memandang keindahan-Mu
Kuberikan s'galanya
Semuanya yang ada
Ku ingin menyenangkan hati-Mu oh Tuhan

Jadikan aku indah
Yang Kau pandang mulia
Seturut karya-Mu didalam hidupku
Ajarku berharap hanya kepada-Mu
Taat dan setia kepada-Mu, Tuhan

Perintah :
Berikan yang Terbaik untuk Tuhan

Pesan Tuhan :
IMANNUEL

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar