Rabu, 15 Januari 2020

SAAT TEDUH - "KUAT DIDALAM TUHAN"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

15/01/2020
Bacaan : 2 Timotius 2
Rhema :

"KUAT DIDALAM TUHAN"

Hasil gambar untuk K"KUAT DIDALAM TUHAN""

"Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus."-(2 Timotius 2:1, 3)

Sering kali kita menemukan orang-orang Kristen yang maunya diberkati tapi tidak mau menjadi berkat, atau ada juga yang hanya sekedar berteori saja namun giliran disuruh mempraktekan Firman Tuhan malah menghindar atau bahkan menolak.

Orang sering berkata "melakukan tidak semudah berkata-kata", aku sendiri bisa bilang melakukan itu lebih sulit dibandingkan dengan hanya berkata-kata, contohnya saja, ketika ada sahabat kita yang mengalami musibah, kita akan mudah berkata "sabar ya, yang kuat, Tuhan pasti tahu apa yang terbaik buat kamu", namu berbeda keadaannya jika kita yang ada diposisi sahabat kita, kita akan merasakan bahwa untuk sabar dan kuat itu hal yang sangat susah dilakukan mengingat keadaannya. Atau contoh lainnya adalah ketika teman kita mengalami suatu masalah kita bisa memberikan kata-kata nasihat kepadanya, namun ini juga berbeda jika kita yang ada diposisi teman kita, tidak mudah untuk kita menerima masukan, nasihat dari orang lain, dan tidak mudah melakukannya.

Di Filipi 1:29 berkata :
    "Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia"

Kita adalah orang-orang yang istimewa dan berharga dimata Tuhan, bahkan disebutkan juga bahwa penderitaan kita oun adalah suatu karuniia dari Tuhan.

Namun penderitaan yang Firman Tuhan maksudkan disini bukanlah penderitaan yang seperti saat kita masih hidup didalam dosa, penderitaan kita bukanlah tanpa tujuan atau tanpa hasil, penderitaan kita sejatinya adalah untuk menyatakan pekerjaan tangan kasih Tuhan yang dahsyat atas hidup setiap kita, biar lewat apa yang terjadi dalam hidup kita, kita boleh bersaksi tentang kebaikan Tuhan sehingga Nama Tuhan dimuliakan, itulah tujuan Tuhan dalam hidup kita; supaya semakin banyak orang yang mengenal Tuhan dengan baik lewat hidup kita.

Benar, memang sebelum ikut Yesus kita juga sudah mengalami penderitaan, namun, bisakah kita merasakan perbedaan dalam jiwa kita ketika kita menghadapi suatu pergumulan atau masalah?. Ya, Tuhan memberikn damai sejahtera dan sukacita kepada kita, meskipun dalam kesusahan kita janji Tuhan tidak pernah berubah, Ia selalu setia kepada kita dalam segala situasi kita, Sebab FirmanNya berkata:

   "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."-(1 Korintus 10:13)

   "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan."-(Matius 11:29)

Memang sungguh indah kasih setia Tuhan kepada kita, Dia tidak pernah berubah dari dulu, sekarang bahkan sampai selama-lamanya, Ia adalah Alfa dan Omega, Awal dan Akhir, Dialah Tukan kita Yesus Kristus Juruselamat kita yang hidup.

Memang semuanya sudah didepan mata kita, kekiri atau kekanan, kemana kakimu akan melangkah? Melewati jalan yang sempit ataukah jalan yang lebar (Matius 7:13-14).

Hidup ini memanglah pilihan, manakah yang kita pilih?
Jalan yang sempit berbicara tentang; 
Berjalan bersama Tuhan untuk mencapai garis akhir dari perjalan kita, sehingga kita mendapatkan Mahkota Kemuliaan kita dan hidup kekal selama-lamanya bersama Bapa di Sorga, atau....
Jalan yang luas;
Berjalan tanpa tujuan yang akan membawa kita kepada kebinasaan yang kekal.

Semua pilihan ditangan kita, mana yang kau pilih kau sudah tahu hasilnya akan kemana.

Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, terimkasih Tuhan karena kasih setiaMu yanh begitu besar, Tuhan, apapun yang terjadi didalam hidup kami, kami mau katakan kami mau tetap setia dan tetap percaya kepada Tuhan, meskipun kami tahu jalannya tidak mudah namun kami tahu tanganMu tidak kurang panjang untuk menolong setiap kami, oleh sebab itu Tuhan mampukan dan kuatkan kami, berikan kami hikmatMu untuk dapat berjuang melawan kedagingan kami, sebab kami mau kami ada di akhir yang pasti, yaitu hidup yang kekal smapai selama-lamanya. Terimakasih Tuhan hanya didalam NamaMu kami mengucap syukur dan berdoa haleluya Amin"

Song :
Apapun yang terjadi
Dalam hidupku ini
Tak pernah kuragukan
KasihMu Tuhan

Lewat gunung yang tinggi
Dalam lembah yang curam
Tak pernah kuragukan
JanjiMu Tuhan

Kau berfirman dan sembuhkanku
Kau bersabda dan s'lamatkanku
Tiada yang mustahil bagiMu
Yesus kupercaya padaMu

Perintah :
"Lakukan yang terbaik buat Tuhan"

Pesan Tuhan :
"IMANUEL"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar