Jumat, 06 Desember 2019

SAAT TEDUH - "HIDUP UNTUK MELAYANI"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

06/12/2019
Bacaan : Galatia 5
Rhema :


"HIDUP UNTUK MELAYANI"

Hasil gambar untuk HIDUP UNTUK MELAYANI"

"Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih." –(Galatia 5:13)

Kematian Kristus di kayu salib membawa kita kepada sebuah kemerdekaan, merdeka yang dimaksudkan disini adalah merdeka karena sudah lepas dari segala kuasa jahat yang mengikat dan membelenggu kita, merdeka dari kehidupan kita yang lama kepada kehidupan kita yang baru.

Sebagai orang yang telah merdeka, maka seharusnya kita tidak lagi hidup dalam dosa dan masalalu kita, merdeka adalah bangkit dari segala keterpurukan kita, dari segala keluh kesah kita dan dari segala masalah kita.

Bukan berarti merdeka lalu hidup kita lepas dari masalah dan pergumulan, namun sebagai orang yang sudah merdeka seharusnya cara pandang dalam menghadapi masalah dan pergumulan kita berbeda, sebab pergumulan selalu akan ada selama kita masih di dunia ini, namun cara kita menghadapinya yang membedakan kita dari orang yang belum mengenal Yesus Kristus atau orang yang belum mengalami kemerdekaan dalam hidupnya.

Contohnya saja, jika orang duniawi memandang masalah sebagai suatu beban yang ngga bisa ditanggung, dan mereka menganggap bahwa Tuhan Yesus tidak mengasihi mereka sehingga mereka memilih jalan pintas yang pada akhirnya menuju kebinasaan.

Berbeda dengan orang yang merdeka, orang yang sudah merdeka didalam Tuhan, ketika mengalami masalah mereka akan tetap tenang dan berharap serta menyerahkan semuanya kepada Tuhan, seberat apapun itu masalahnya orang yang sudah merdeka tidak akan mengambil jalan pintas untuk menghadapi masalahnya, namun justru ia akan terus menjadi dekat dengan Tuhan karena ia semakin sadar bahwa tanpa Tuhan ia tidak akan bisa apa-apa, dan ia akan memandang masalah itu sebagai sebuah proses yang Tuhan berikan untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi didalam Tuhan.

Alih-alih mengambil tindakan yang tidak baik orang yang sudah merdeka akan menyerahkan semua hidupnya kepada Tuhan.

Merdeka disini bukan hanya berbicara tentang respon kita sebagai orang percaya yang dimerdekakan oleh Tuhan, tetapi juga berbicara tentang hubungan kita dengan Tuhan, ornag yang sudah merdeka didalam Tuhan ia pasti akan memprioritaskan Tuhan dalam kehidupannya, terutama dalam segala keputusan yang akan ia ambil, sebab ia sadar bahwa hidupnya bukanlah untuk dirinya sendiri lagi tetapi untuk Tuhan.

Ornag yang sudah merdeka akan punya hubungan yang intim dengan Tuhan, ia tidak akan pernah melupakan untuk membaca Firman Tuhan setiap harinya karena ia tahu bahwa Firman itulah yang menjadi jawaban dan menguatkannya.

Jadi orang yang sudah merdeka itu adalah orang yang hidupnya sudah tidak sama lagi dengan dunia ini, meskipun ia tinggal didunia ini.

Dikatakan bahwa jangan sampai kita mempergunakan kemerdekaan kita untuk hidup didalam dosa, artinya kita harus bisa menjaga hati kita agar tetap tertuju dan fokus kepada Tuhan, justru dengan kehidupan kita yang baru dan dengan kemerdekaan kita inilah kita harusnya bisa menjadi berkat bagi banyak orang.


Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Tuhan Yesus, terimakasih Tuhan atas kasih karuniaMu Tuhan, kami terus bersyukur Tuhan karena kasihMu yang begitu besar dalam kehidupan kami, Engkau beri kemerdekaan kepad setiap kami, sehingga kami bebas dari mau, bebas dari keterpurukan bebas dari segala yang jahat yang ingin merebut kami dari kasihMu, terus Tuhan bantu kami untuk menjaga hati kami untuk terus fokus kepadaMu sehingga kemerdekaan kami bukanlah milik kami snediri tetapi justru kami bisa membagikannya kepada orang lain juga Amin”

Song :
Lebih dari segalanya
Kuperlukan engkau Tuhan
Lebih dari s'mua yang ada
Ku mengasihimu Yesus 2x

Kucinta kau Yesus
Kucinta kau Yesus
Lebih dari segala yang ada
Kucinta kau Yesus

Perintah :
Lakukan bagianmu

Pesan Tuhan :
Tuhan akan melaukan bagian-Nya

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus


TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar