Sabtu, 01 Februari 2020

SAAT TEDUH - "TUHAN TIDAK PERNAH INGKAR JANJI"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

1/2/2020
Bacaan : Ibrani 8
Rhema :

"TUHAN TIDAK PERNAH INGKAR JANJI"

Hasil gambar untuk tidak ingkar janji"

"Sebab Ia menegor mereka ketika Ia berkata: "Sesungguhnya, akan datang waktunya," demikianlah firman Tuhan, "Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda,"-(Ibrani 8:8)

Tentang perjanjian, perjanjian adalah antara dua orang (minimal) yang saling menyepakati dan menjalani proses sehingga apa yang dijanjikan tersebut bisa tercapai atau ditepati, bisa juga dikatakan digenapi.

Namun ternyata tidak semua orang mau melakukan proses yang harus dilalui agar janji itu tergenapi, kebanyakan orang ternyata maunya langsung ditepati aja janjinya, bisa dikatakan banyak orang yang justru hanya pengen hasilnya saja.

Kembali lagi ke fakta dimana janji itu adalah kesepakatan antara kedua belah pihak, dimana jika salah satu melanggar atau tidak mau melakukannya maka janji itu tidak akan bisa digenapi.

Hal ini mengajarkan kita bahwa untuk menerima janji Tuhan seharusnya kita juga ikut ambil bagian dalam ikatan perjanjian itu, harusnya kita melakukan apa yang harusnya kita lakukan untuk Tuhan, bukan hanya Tuhan saja yang menepati janjiNya krpada kita, tetapi kita juga harus menepati janji kita Kepada Tuhan.

Namun seringkali kita membiarkan Tuhan melakukan bagianNya tapi kita sendiri malah ogah-ogahan melakukan bagian kita, dimana-mana hubungan yang satu arah saja itu tidak baik, mengapa kita membiarkan Tuhan melakukan semuanya sendiri? Tidakkah tergerak dalam hati kita untuk ambil bagian dalam hal ini?

Harusnya cukup bagi kita untuk bersantai mengayunkan kaki, inilah saatnya bagi kita untuk melakukan bagian kita. Memang Dia adalah Allah yang tetap setia pada janjiNya meskipun kita tidak setia, Dia tetap memberikan kita kesempatan demi kesempatan meskipun kita seringkali mengabaikan kesempatan itu, mari kita bertanya pada diri kita masing-masing, sebagai apakah Tuhan dalam hidup kita? Seberapa berartikah Tuhan Yesus dihidup kita? Lalu apa yang telah kita lakukan untuk menyatakan syukur kita kepada Tuhan atas segala apa yang Tuhan sudah percayakan kepada kita, keluarga, pekerjaan, pelayanan, sahabat, dll, masih adakah Tuhan dihati kita sampai saat ini? 

Bukan untuk menghakimi, tapi memang seharusnya kita sebagai anak-anak Tuhan kita sadar siapa Papa kita, harusnya sebagai anak kita nurut sama Papa kita, apa yang kita udah janjiin seharusnya kita tepatin.

Sungguh besar kasih Tuhan, sungguh besar, tidak perduli seberapa jauh kita, seberapa berdosanya kita, seberapa sombongnya kita kepada Tuhan, Ia tetap setia dalam hidup kita, bahkan Ia selalu memperhatikan kita supaya kita tidak kekurangan suatu apapun yang kita perlukan.

Janganlah kita seperti Bangsa Israel yang melanggar perjanjian dengan Allah (ay. 7 & 9), mamang Ia tetap setia kepada Bangsa Israel, dengan membaharui ikatan perjanjian itu (8), tapi jadikanlah ini pelajaran untuk kita mau punya hati yang serius sama Tuhan, yang juga mau melakukan bagian kita denggan sungguh dan setia kepadaNya.

Biarlah semua rasa dan ucapan syukur kita kita berikan kepada Allah, tanpa hitung2an waktu, tenanga, biaya sama Tuhan, sebab semuanya adalah dari Dia, oleh Dia dan untuk Dia, segala sesuatu yang kita miliki adalah milik Tuhan, kita hanya sebagai alat untuk menjaga dan mengelolanya.

Kiranya sukacita dan damai sejahtera selalu ada dalam hati kita setiap hari Amin. 

Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, terimakasih Tuhan Yesus karena Engkau selalu setia dalam segala jalanMu, meski kmi gagal untuk setia namun Engkau terus memberikan kami kesempatan untuk menepati janji-janji kami kepadaMu, ampunilah kami kalau kami masih belum bisa menyenngkan hatiMu, maka dari itu ajarilah kami bagaimana caranya supaya kami mampu untuk melakukan semuanya itu, supaya kami juga boleh menjadi berkenan dimataMu.  Terimkasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami sudah berdoa dan mebgucap syukur haleluya Amin"

Song :
Ku hidup karena anugrahMu
Ku hidup karena kasihMu
Kaulah sumber kehidupanku

Ku hidup untuk menyembahMu
Ku hidup tuk menyenangkanMu
Kaulah pusat penyembahanku

Kau yang layak
Kau yang layak
Kau layak disembah
Di dalam Roh dan kebenaran

Kau yang layak
Kau yang layak
Kau layak disembah
Ditinggikan untuk selamanya

Perintah :
"Lakukan yang terbaik buat Tuhan"

Pesan Tuhan :
"IMANUEL"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar