Kamis, 13 Februari 2020

SAAT TEDUH - “BATU PENJURU”

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH


13/2/2020
Bacaan : 1 Petrus 2
Rhema :

“BATU PENJURU”

Hasil gambar untuk BATU PENJURU

"Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan." -(1 Petrus 2:6)

Dengan Ia menyanggupkan diri untuk mengambil rupa sebagai sorang hamba yang paling hina dimata manusia, sulit untuk orang percaya bahwa Ialah batu yang dipilih itu.

Seperti kebanyakan orang Israel berpikir, harusnya Mesias iru adalah orang yang terpandang, dsb, bukan Yesus yang lahir di palungan, dikandang domba, yang bahkan merupakan seorang anak tukang kayu, mana mungkin Yesus adalah Mesias yang mereka nantikan jika melihat kenyataan yang ada.

Balik lagi bahwa Manusia kebanyakan hanya berpikir dibatasi oleh logikanya, dunia yang sejahat itu mustahil untuk percaya bahwa yang dinanti-nanti dan yang dicari-cari ternyata Ia adalah Yesus, yang kelihatannya tidak punya apa-apa didunia ini, padahal Ialah yang menciptakannya.

Ia adalah batu pilihan itu, Tuhan Yesus,
Ia disebut sebagai batu pilihan karena Dia telah dipilih secara khusus oleh Allah dan ditentukan sebagai pondasi kehidupan serta dasar keselamatan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya, seperti yang telah tertulis dalam Firman Tuhan:

    "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." -(Kisah 4:12).
   
      Jadi, "...jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan." -(Roma 10:9).

     Ini telah menunjukan kepada kita bahwa "...tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus." -(1 Korintus 3:11).

Yesus menegaskan,
       "...di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar." -(Yohanes 15:5b-6). 

Itulah mengapa pentingnya bagi kita untuk menyadari bahwa sesungguhnya yang harus kita hormati, percayai, dan kagumi hanyalah Tuhan, sebab seharusnya Ialah yang menjadi dasar untuk kita meletakan hidup kita, Ialah batu penjuru kita, Ialah pondasi Iman kita, yang didalamNya kita akan beroleh hikmat, perlindungan, kekuatan dan keselamatan yanh kekal.

Hari ini, siapakah yang kita harapkan untuk menjadi Batu Penjuru bagi kita? Apakah Tuhan Yesus atau adakah yang sedang mendua hati didalam hidupnya?

Marilah kita bersama-sama koreksi diri kita, kepada siapa selama ini kita meletakan dasar pondasi Iman dan kepercayaam kita, yang oleh karenanya kita yakin kita telah diselamatkan dan kelak akan hidup bersama Bapa di Surga.

Adakah dari kita yang masih bimbang mau ikut Tuhan atau ikut kata orang?

Tuhan memberikan kepada kita kebebasan, mari kita pergunakan dengan sebijak-bijaknya.

Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, Terimakasih Tuhan karena Engkau begitu baik, dalam hidupku aku bersyukur sebab aku punya Batu Penjuru yang tepat, yaitu Tuhan Yesus Kristus, Engkau adalah dasar dari segala pengharapanku dan keselamatanku, Engkau yang adalah pilihan Allah telah memilih aku untuk diselamatkan dan mendapatkan begitu banyak gift, terimakasih Yesus, Engkaulah harta yang Mahal dan tak ternilai, Engkaulah satu-satunya jalan keselamatan dan hidup yang kekal bagi kami. Terimkasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami sudah berdoa dan mebgucap syukur haleluya Amin"

Song :
Bapa, besar sungguh kasih setiaMu
Nyata sungguh perlindunganMu
Tak satu kuasa mampu pisahkan aku dari kasihMu

Bapa, ajarku s'lalu hormatiMu
Ajarku turut perintahMu
B'rikanku hati tuk menyembahMu
Dan bersyukur s'tiap waktu

S'perti Bapa sayang anakNya
Demikianlah Engkau mengasihiku
Kau jadikan biji mataMu
Kau berikan s'mua yang ada padaMu

S'perti Bapa sayang anakNya
Demikianlah Kau menuntun langkahku
Hari depan, indah Kau beri
RancanganMu yang terbaik bagiku

Perintah :
"Lakukan yang terbaik buat Tuhan"

Pesan Tuhan :
"IMANUEL"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar