Kamis, 06 Februari 2020

SAAT TEDUH - "SEDERHANA"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

6/2/2020
Bacaan : Ibrani 13
Rhema :

"SEDERHANA"

Hasil gambar untuk KESEDERHANAAN

"Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."-(Ibrani 13 : 5)

Surat Ibrani adalah surat yang dialamatkan pertama sekali kepada orang Yahudi yang telah menjadi pengikut Kristus, Surat Ibrani memberikan penguatan dan peneguhan serta mengingatkan mereka supaya tetap beriman kepada Yesus dan tinggal tetap dalam Kekristenan. dalam surat ini dimuat juga implikasi-implikasi praktis dari mengikut Kristus, yakni berbagai nasehat untuk cara hidup sehari-hari dan nasehat moral.

Sebagai orang percaya kita seharusnya sudah tahu dan mengerti bahwa Tuhan Yesus ridak pernah meninggalkan kita, dalam segala keadaan, Dia Tuhan yang setia yang tidak pernah berubah, meski badai dan angin topan datang dalam kehidupan kita, Ia sesungguhnya tetap memegang tangan kita, sungguh tidak sekalipun Ia pernah meninggalkan kita, kitalah yang seringkali menjauh dari Tuhan dan bahkan ada yang sampai meninggalkan Dia, mengapa bisa demikian? Selama ini sering kali kita mendengar orang-orang yang dalam kesusahannya berkata bahwa Tuhan meninggalkan dia dan membiarkannya sendiri, sebenarnya bukan Tuhan yang menjauh, tetapi kitalah yang lupa bahwa Tuhan selalu ada untuk kita, kalau kita sadar bahwa Tuhan selalu ada bersama kita seharusnya setiap harinya kita melakukan kehendaknya, hidup melekat dengan Dia, berbincang dengan Dia, bertanya, dan berjalan bersamaNya setiap hari, namun pada kenyataannya kita mungkin bahkan untuk sekedar menyapa Dia saja kita lupa, bagaimana kita bisa tahu isi hatiNya Tuhan?, lalu apa hak kita berkata bahwa Ia meninggalkan kita? Bukankah sebaliknya? Kitalah yang meninggalkan Dia.

Dan jika benar kita sadar bahwa Yesus selalu bersama dengan kita, maka kita tidak perlu khawatir dengan apa yang dunia katakan, sebab hidup kita bergantung dari perkataan Tuhan, karena Dialah yang tahu kemana seharusnya kaki kita melangkah, hidup kita tidak bergantung kepada dunia ini, FirmanNya mengatakan “Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang.”-(Ibrani 13:14).

Seperti yang Firman Tuhan katakan di ayatnya yang ke-5, seringkali orang Kristen jatuh ketika diperhadapkan dengan uang, uang seringkali membuat orang sesat, mengapa sesat? Karena uang bisa membuat manusia menjadi tunduk, seperti yang dikatakan banyak orang “apa saja bisa kita beli kalau kita punya uang”, pernyataan ini memang benar, “jika kamu kaya, maka kamu bisa membeli apa yang kamu inginkan, namun sebaliknya, tanpa uang kamu tidak akan bisa apa-apa”, oleh sebab itu, uang adalah salah satu kelemahan manusia yang membuat banyak manusia menjadi hambanya (uang) dan melupakan Tuhan Yesus Kristus sehingga ia lupa bahwa dengan menjadi hamba uang ia telah menjual Tuhan Yesus yang menjadi sumber keselamatan, karena memang kita harus memilih kemana kaki kita akan ikut, entah kepada kebinasaan atau kekeselamatan yang kekal, sebab Firman Tuhan berkata “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon”-(Matius 6:24).

Jadi memang semuanya kembali kepada diri kita masing-masing bagaimana kita akan menggunakan Freewill yang Tuhan telah berikan kepada kita, Tuhan telah memberikan kita keselamatan dengan menebus dosa kita lewat penderitaanNya dan kematianNya dikayu salib, dengan darah yang Mahal dan kudus, yaitu darah Tuhan kita Yesus Kristus kita yang dulunya hidup didalam dosa kini sudah dibebaskan, kita sudah ditebus, Ia tidak perduli seberapa berdosanya kita dulu, Ia tetap memilih kita dan menyelamatkan kita, sehingga kita menjadi layak dan sudah menjadi milik Kristus, hanya saja tugas dan bagian kita sebagai orang yang telah diselamatkan adalah mengerjakan keselamatan itu, supaya tetaplah kita ada pada jalan keselamatan itu, hingga akhirnya nanti kita akan pulang bersama Bapa ke Surga.

Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Terimakasih Tuhan Yesus karena Engkau begitu baik, sungguh tidak pernah berkurang kasihMu, terimakasih Tuhan karena Engkau selalu setia dalam ketidak setiaan kami, Engkau selalu hadir dalam suka dan duka kami meskipun kami sering tidak menyadarinya, ajar kami Tuhan untuk terus Fokus padaMu, sehingga dalam kesetian ini kami boleh berjumpa dan kembali lagi bersamaMu di Surga Mulia. Terimakasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami mengucap syukur dan berdoa haleluya Amin.”

Song :
Ini aku, s'mua milikku
Kuserahkan padaMu Tuhan
Penyesalan dan kebanggaan
Suka dan duka, s'mua kuserahkan

Yang t'lah lalu, yang kan datang
Hasrat dan harapan yang terbayang
Masa depan dan rencanaku
S'mua kuserahkan dalam tanganMu

Kupersembahkan hidupku kepadaMu Tuhan
Tuk kemuliaanMu
Kuberikan hidup ini s'bagai persembahan
Yang berkenan padaMu

Kuberikan hidupku
KepadaMu Tuhanku

Perintah :
Berikan yang terbaik untuk Tuhan

Pesan Tuhan :
IMANUEL

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar