Senin, 16 Maret 2020

"UJIAN"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

16/3/2020
Bacaan : Wahyu 8
Rhema :

"Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu."-(Wahyu 8:3)

Pembukaan materai yang ketujuh, adalah tanda akan dimulainya ketujuh sangkakala hukuman yang sifatnya sebagian. Dikatakan juga bahwa kesenyapan di sorga terjadi karena kengerian kedatangan hukuman-hukuman atas dosa.

Dalam ayatnya yang ketiga, disinggung kembali tentang doa orang-orang kudus, itu artinya doa syafaat dari orang percaya sangat penting dalam pembinasan kejahatan dan penegakan kebenaran di atas bumi. Yohanes juga mengatakan bahwa doa orang kudus dari masa kesengsaraan besar di bumi digabung dengan doa orang kudus di sorga, juga dikatakan bahwa Orang kudus di sorga menaruh perhatian besar terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi.

Ini memberikan kepada kita suatu pengertian bahwa memang doa orang kudus, orang yang percaya kepadaNya sungguh besar kuasanya. Tuhan tidak pernah mengabaikan setiap doa yang kita naikkan ke hadiratNya, kalau memang Tuhan belum menjawab ya, itu bukan berarti Tuhan gamau jawab doa kita, Tuhan tahu yang terbaik dan percayalah waktu Tuhan itu selalu tepat dan selalu yang terbaik.

Saya ingat akan Firman Tuhan yang disampaikan oleh hambaNya Kak Gina Dharmawan kemarin Minggu di Ibadah Raya di GBI PRJ, dalam hidup ini ada waktunya kita belajar ada waktunya kita ujian, kalau waktunya kita belajar, ya kita bisa tanya apa aja ke guru kita kalo kita ga ngerti, dan guru kita tuh pasti ngejawab pertanyaan kita. Tapi beda ketika kita sedang ujian, kita tidak bisa menyamakan keadaan kita waktu belajar dengan waktu ujian, karena jika waktu kita belajar kita bisa bertanya dan guru menjawab, maka berbeda dengan waktu ujian, guru tidak mungkin menjawab pertanyaan kita dan memberikan jawabannya, karena waktu belajar guru udah kasih kita penjelasan dan jawabannya, kalau waktunya ujian ya tinggal kita inget lagi yang kemarin diajarin gimana. 

Ujian adalah supaya kita naik kelas, jadi ya salah kita sendiri kalau saat masih dalam proses pembelajaran kita ga dengerin guru ngomongnya apa.

Sama seperti itu, inilah yang harus kita hadapi, saat ini kita sedang menghadapi soal ujian "Covid-19", dalam ujian ini mungkin banyak dari kita yang bertanya sama Tuhan, mungkin banyak orang yang sudah berdoa sambil menangis meminta kemurahan Tuhan turun atas Indonesia bahkan atas seluruh dunia.

Namun, seperti yang di katakan oleh Kak Gina Dharmawan, lagi ujian ga mungki Guru kasih tahu jawabannya, saat-saat inilah Tuhan akan melihat apakah kita kemarin-kemarin benar-benar belajar pas mau "Ujian", apakah kita mau inget sama apa yang Tuhan selalu ingatkan kepada kita, ya ini adalah saat dimana kita harus benar-benar "taat mengikuti setiap peraturan yang ada dan setia didalam Dia", karena inilah ujian iman kita, semuanya baru saja dimulai, karena akan ada level yang lebih tinggi lagi yang Tuhan mau kita melewatinya.

Itulah mengapa Tuhan selalu mengingatkan kita tentang kesatuan hati, sebab orang-orang kudus harus bersatu hati berdoa bagi bangsa ini dan bagi seluruh bumi ini sebelum kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali, supaya bertahanlah sampai kepada kesudahannya semua orang-orang yang takut akan Tuhan dan mengandalkan Tuhan, karena kita tidak akan sanggup untuk berdiri sendiri, kita perlu orang-orang yang mendukung kita saat ini, kita harus saling support di dalam Dia, sebab Dialah sumber kekuatan dan pengharapan kita, tanpa Tuhan kita ngga bisa apa-apa, Tuhan mau kita punya kesatuan hati didalam Dia, jadi, jangan kita egois, jadilah orang-oramg kudus seperti yang Tuhan mau.

Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kebaikanMu, atas setiap Firman yang selalu menyegarkan kami dan membuka mata dan pikiran kami, ampuni kami Tuhan kalau kami masih menyombongkan diri karena kami merasa mampu dengan kekuatan kami sendiri atau kami yang mungkin masih egois dengan diri kami sendiri dan tidak perduli akan orang lain, Tuhan ajar kami mengerti apa yang Engkau mau kami lakukan atas bumi ini, kami rindu Tuhan kami menjadi alat kesukaanMu yang membawa NamaMu kemanapun kaki kami melangkah dan memuliakan NamaMu, mampukan kami untuk punya keunityan seperti yang Engkau mau Tuhan. Terimakasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami mengucap syukur dan berdoa haleluya Amin.”

Song :
Yesus namaMu indah
Yesus kucinta Kau selalu
Kutinggikan, kuagungkan slamanya

Ku mau memujiMu, ku slalu pujiMu
Ku mau menyembahMu, ku slalu sembahMu
Kau yang layak trima semua pujian
Kemuliaan hanya bagi Tuhan

Perintah :
Berikan yang terbaik untuk Tuhan

Pesan Tuhan :
IMANUEL

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar