Minggu, 09 Februari 2020

SAAT TEDUH - "SENJATA TEPAT SASARAN"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

9/2/2020
Bacaan : Yakobus 3
Rhema :


"SENJATA TEPAT SASARAN"

Hasil gambar untuk TEPAT SASARAN

"Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,"-(Yakobus 3:9)

Senjata yang paling ampuh, lidah itu bisa sangat bermanfaat namun juga bisa sangat merugikan, tergantung kepada si pemiliknya bagaimana hendak memakai lidahnya.

Sebagai orang Kristen kita diajarkan Tuhan untuk menjadi berkat, salah satunya lewat perkataan kita, lidah kita adalah senjata bagi kita untuk bisa mengucapkan/memberkati orang lain dengan kata-kata yang keluar dari mulut kita.

Namun sebaliknya lidah juga bisa menjadi senjata untuk kita bisa menjatuhkan bahkan membunuh orang lain dengan perkataan kita.

Lidah/perkataan yang bermanfaat ibarat air yang disiramkan pada tanaman dimusim kemarau, ia akan membuat tanaman itu menjadi lebih segar dan tetap tumbuh dengan baik meski sudah hampir layu.

Sebaliknya, lidah/perkataan yang merugikan atau bahkan bisa membunuh seseorang adalah ibarat sepuntung rokok yang dibuang dipinggir jalan, lalu menyebabkan kebakaran dan merugikan banyak orang bahkan bisa menelan korban jiwa.

Mulut harus dijaga, sudah kita jaga pun kadang masih suka tanpa sadar membuat orang lain tersinggung yang kemudian membuat orang sakit hati bahkan bisa kepahitan karena kata-kata kita.

Di Efesus 4:29 berkata :
     "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."

Memang sebagai orang Kristen, apalagi pelayan Tuhan, kita seringkali diuji dalam menggunakan lidah kita, kadang kita ga salah malah disalah-salahin, dituduh, di caci maki, dsb, seringkali kita mengalami hal yang demikian, ketika mengalami hal seperti itu seringkali kita merasa "kok aku digiin sih?, kok mereka begitu ya sama aku? Kok mereka jahat ya?, dsb".

Memang sulit untuk melayani pekerjaan Tuhan, karena kita pasti akan bertemu dengan orang2 yang demikian, kadang Tuhan emang izinkan itu terjadi supaya kita punya mentalitas yang lebih kuat didalam Tuhan, maksudnya kita tidak mudah untuk merasa tersinggung, kita dilatih untuk bisa mengampuni mereka, terlebih dari pada itu kita terlatih untuk bisa tetap mengasihi orang lain meskipun mereka sudah menyakiti kita, memang tidak mudah tapi dengan kita tetap taat dan setia kepada Tuhan meski dalam keadaan seperti ini, kita akan melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan Amin.

Oleh sebab itu marilah kita menjaga lidah kita, di tahun dimensinyang baru ini, kita harus terus memperkatakan Firman, janganlah keluar kata yang sia-sia dari mulut kita, hendaklah apa yang menjadi perkataan kita mencerminkan Yesus sehingga boleh menjadi berkat bagi orang yang mendengarnya, sebab itulah yang Tuhan mau dalam hidup kita.


Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, Engkau sunghuh baik Tuhan, setiap hari Firman yang Kau berikan mengingatkan kami betapa pentingnya kami untuk membaca dan mendengarkan dan melakukan FirmanMu setiap hari dlam kehidupan kami, sebab oleh FirmanMulah kami hidup, kami ada dijalan kebenaran, FirmanMu adalah pelita bagi kaki kami dan terang bagi jalan kami, sungguh baik Kau Tuhan penuh kasih dan sayang. Terimkasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu kami sudah berdoa dan mebgucap syukur haleluya Amin"

Song :
Ku cari wajahMu
Temukan kasihMu
Kau bukan Tuhan yang jauh dariku
Kupanggil namaMu
Kudengar jawabMu
Kau Tuhan yang s'lalu dengar seruan hatiku

Sungguh indah Kau Tuhan
Penuh kasih dan sayang

Kau tempat penghiburan
Bagi setiap hati yang terluka
Sungguh indah Kau Tuhan
Menara perlindungan
Kau sumber kekuatan
Bagi semua orang yang membutuhkan

Perintah :
"Lakukan yang terbaik buat Tuhan"

Pesan Tuhan :
"IMANUEL"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar