Rabu, 20 November 2019

SAAT TEDUH - "DEKLARASIKAN APA YANG BENAR"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

26/10/2019
Bacaan : Roma 10
Rhema :


"DEKLARASIKAN APA YANG BENAR"

Hasil gambar untuk tahun pey

”Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan.”-(Roma 10:8)

Hari-hari ini kita sering mendengar tentang “Tahun Pey (dibaca Peh)*, mungkin tidak semua orang tahu tentang arti dari tahun Pey ini, tahun Pey ini diambil dari Kalender Ibrani. Tahun Pey ini akan berlangsung selama 10 tahun kedepan, sama seperti sepuluh tahun yang lalu di “Tahun Ayin” maka tahun ini pun juga sama, kita kan menjalani Tahun Pey ini selama sepuluh tahun kedepan.

Jika Tahun Ayin berbicara tentang Mata, dimana diartikan bahwa 10 tahun kemaren Mata Tuhan sedang tertuju kepada Umat-Nya, yaitu kita semua; ”Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.”-( Mazmur 32:8). Selama sepuluh tahun kemaren Tuhan mengajar dan menuntun kita, serta memberi kita nasihat, saya percaya bahwa banyak hidup anak Tuhan yang diubahkan dan dipulihkan, termasuk saya dan keluarga saya.

Di Tahun Pey ini, seperti yang kita tahu, yaitu tahun yang berbicara tentang “Mulut”, saya percaya akan banyak anak Tuhan yang mengalami kemenangan demi kemenangan dalam hidupnya. Hanya saja seperti pada tahun Ayin yang lalu, jika kita mau Mata Tuhan tertuju kepada kita maka mata kita pun harus tertuju kepada-Nya, supaya dengan mudah untuk kita mengerti apa yang Tuhan mau, maka di tahun Pey ini Tuhan mau kita juga punya respon Iman yang sungguh-sungguh di tahun Pey ini.

Tahun Pey ini berbicara tentang Mulut, dimana Mulut kita adalah senjata kita untuk mengalahkan Iblis atau malah mendukung Iblis, maksudnya adalah, kita percaya, meskipun kita ada di Indonesia saatini dan mengikuti Kalender kita, tapi, tetap kirblat kita adalah tempat dimana Tuhan Yesus lahir, karena sebagai orang percaya kita harus benar-benar punya suatu pedoman yang tepat dan sesuai dengan apa yang Tuhan mau untuk kita ketahui dan lakukan dalam hidup kita. Saya bersyukur punya Gembala sidang seperti Pak Niko yang Peka mendengar suara Tuhan, sehingga kita tidak merasa bahwa Tuhan jauh dari kita. 

Banyak mungkin gereja yang masih belum mengerti tentang Tahun Pey ini, dan ini sangat disayangkan mengingat sekarang kita ada dimasa dimana kita sedang mengalami percepatan, dan ibaratkan sebuah buku kita ada dibagian akhir-akhir halamannya, jadi sungguh disayangkan jika masih ada gereja yang belum mengabarkan kabar baik ini.

Mulut adalah senjata yang paling tajam dan besar kuasanya, jika kita tidak bisa menguasai diri kita dalam menggunakan mulut kita, maka yang akan terjadi adalah kita menjadi seorang pembunuh.

Kita bisa saja menjadi pembunuh masa depan seseorang, membuat orang lain kehilangan semangat, harapan, dan bahkan kehilangan nyawanya karena perkataan yang keluar dari mulut kita.

Mungkin yang saat-saat ini marak terjadi ialah bullying, kita jarang perduli dengan hal seperti ini, malah yang ada tidak jarang kita melihat bahwa bullying ini sudah melekat dan menjadi seperti suatu kebiasaan yang tidak bisa hilang justru bertambah akhir-akhir ini, alasannya seringkali membuat kita geleng-geleng kepala, bagaimana tidak jika alasan yang dikatakan adalah bahwa jika tidak ikut membully, gossip, hoax, maka orang tersebut bukanlah bagian dari mereka yang membully dan mereka tidak ingin berteman dengan orang yang tidak ikut membully tersebut.

Kadang kita memang perlu tegas dengan diri kita sendiri, kita harus berani menanggung segala resiko yang ada, sebab untuk menjadi anak Tuhan kita harus membrantas kelemahan daging kita, kita harus berani ambil resiko untuk dijauhi, dimusuhi, bahkan difitnah, itu menjadi hal yang biasa menurut saya jika kita mau menjadi serupa dengan Kristus.

Dan jika kita masih tidak mau mengambil resiko itu, maka itu artinya kita masih nyaman di zona aman dan belum siap menerima janji-Nya Tuhan.

Di tahun Pey ini, biarlah kita punya suatu komitmen untuk menjadi terang ditengah kegelapan. Perkatakan yang benar, perkatakan Kasih, perkatakan hal yang membangun, yang memberi semangat kepada orang-orang disekitar kita, dan perkatakanlah Firman Tuhan.

Jangan takut semua orang menjauhimu, sebab jika mereka menjauhimu itu artinya Tuhan sayang kepadamu, karena Ia tidak mau kamu kembali atau berbalik ke jalan yang salah, namun jangan jadikan diri kita menjadi seorang pembenci apalagi kepahitan karena dijauhi dan difitnah oleh orang lain, justru biarlah kita selalu punya hati yang mengampuni terhadap sesama, perkatakan kasih Tuhan kepada orang yang telah menyakitimu.

Tahun Pey tahun dimana Tuhan akan menggenapi janji-Nya atas kita semua yang mau bersedia hati untuk merendahkan diri di hadapan-Nya, taat dan setia Kepada-Nya, serta yakin dan percaya akan Kuasanya.

Inilah saatnya bagi kita untuk memperkatakan Firman Tuhan, sehingga apa yang kita perkatakan dan ucapkan yang sesuai dengan Firman Tuhan itu akan terjadi didalam kehidupan kita.

Dan marilah kita mulai berbagi kepada sesama kita tentang Tahun Pey ini, sehingga semakin banyak orang yang mengalami Tuhan dan Nama Tuhan dimuliakan, sebab Firman Tuhan pasti di genapi, mari kita ambil bagian dalam perkerjaan Tuhan yang Mulia ini.


Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Tuhan Yesus, terimakasih Tuhan karena aku punya Tuhan yang hebat, Tuhan yang dahsyat dalam segala hal, Tuhan Yesus terpujilah selalu NamaMu, Agung dan Mulia Nama Mu, biarlah setiap lutut bertelut dan semua lidah mengaku bahwa Yesus Kristus Ialah Tuhan dan Juruselamat umat Manusia, biarlah semakin banyak orang yang akan menerima Janji keselamatan yang Engkau berikan itu ya Tuhan. Terimakasih Tuhan Yesus hanya di Dalam Nama-Mu hamba mengucap syukur dan berdoa haleluya Amen.”

Song :
Aku punya tuhan yang besar
Yang t'lah berjanji
Dan sanggup menggenapi
Imanku bersepakat percaya kuasanya
Ku t'rima s'karang
Kemenangan darimu

Perintah :
Lakukan bagianmu

Pesan Tuhan :
Tuhan akan melaukan bagian-Nya

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus


TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar