Sabtu, 23 November 2019

SAAT TEDUH - "DUKA YANG MENJADI SUKA"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

23/11/2019
Bacaan : 2 Korintus 7
Rhema :


"DUKA YANG MENJADI SUKA"

Hasil gambar untuk SUKACITA DIDALAM TUHAN"


”Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian." –(2 Korintus 7:10)

Tidak henti-hentinya saya sebagai orang Kristen yang telah menerima keselamatan dari Tuhan kita Yesus Kristus, saya merasa bangga karena saya punya Tuhan Yesus yang dahsyat yang hebatNya luar biasa, yang ga tanggung-tanggung sayangnya sama saya dan keluarga saya dan yang selalu ada buat saya.

Benar sekali bahwa bahkan seluruh dunia ini ga bisa gantiin kebaikanNya Tuhan dalam hidup saya, sebab dari Dialah saya mengerti apa itu kasih dan keselamatan yang kekal yang harus saya jaga.

Dari ayat diatas saya mengingat dimana begitu banyak hal yang dulunya saya anggap itu suatu kesialan bagi saya ternyata pada akhirnya Tuhan ubahkan menjadi berkat untuk saya dan keluarga saya, kemudian timbullah kata “kalau dulu keluargaku, papaku, mamaku, dan aku tidak seperti itu, aku ga mungkin jadi aku yang sekarang ini, mungkin saat ini aku juga sama dengan mereka yang diluar sana yang belum mengenal Tuhan Yesus.”

Memang dulu ketika aku mengalaminya aku merasa aku orang yang paling kurang beruntung dan sial, namun sekarang aku melihat dari sisi yang berbeda, dimana aku merasa bahwa justru itulah rencana Indah yang Tuhan sudah rancangkan dalam hidupku, sungguh diluar pikiranku, cara Tuhan selalu indah untuk membuat semuanya lebih dari apa yang kita pikirkan.

Saya percaya bahwa “dukacita menurut kehendak Allah” itu membawa keselamatan, mungkin jika dulu keluarga saya ngga berantakan dulu mungkin saat ini kami masih belum bisa menghargai apa itu yang namanya keluarga, dan mungkin juga saat ini saya masih belum bisa melihat/mendengar keharmonisan dari kedua orangtua saya.

Benar, kita ditempatkan dalam suatu tempat, entah itu keluarga, pekerjaan, bahkan negara kita bukanlah suatu kebetulan, ada rencana yang indah dibalik semuanya itu, hanya saja, dari apa yang saya alami saya belajar untuk mengubah kutukan itu menjadi berkat ialah saya harus bisa merendahkan hati saya dihadapan Tuhan.

Mungkin keadaan tidak akan sebaik ini jika saja saya masih mengeraskan hati dihadapan Tuhan, namun ketika saya memilih untuk merendahkan diri dihadapan Tuhan dan saya mengosongkan diri saya, maka disaat itu juga Tuhan membalikan kutuk itu menjadi berkat bagi keluarga saya.

Saya percaya Tuhanlah yang sanggup melakukan semuanya, Dia yang menjamah hati saya, papa saya dan juga mama saya, sehingga pemulihan itu bisa terjadi, sebab bukan karena kuat dan gagah kami tapi karena kasih karunia Tuhan dalam kehidupan kami keluarga kami boleh mengerti apa itu arti dari keselamatan dan juga dipulihkan.

Semuanya hanya tergantung diri kita apakah kita mau mengambil satu langkah kedepan untuk memulai hal yang baru bersama Tuhan atau kita tetap stay ditempat kita yang sekarang yang pada akhirnya tidak membuahkan apa-apa yang justru bisa membuat kita semakin jauh dan pada akhirnya membawa kita kepada kematian.

Tuhan Yesus itu baik, ketika kita memutuskan untuk melangkah satu langkah kedepan maka Ia sendiri akan mengambil seribu langkah untuk merangkul kita, artinya Tuhan Yesus lebih rindu kita, Ia tidak dapat menahan jika ada anakNya yang benar-benar sudah memutuskan untuk mempercayakan hidupnya kepada Tuhan.

Hanya kembali lagi kepada kita, manakah yang akan kita pilih melangkah bersama Tuhan mengubah dukacita itu menjadi sorakan keselamatan dan kemenangan bagi kita didalam Tuhan, ataukah kita memilih untuk tetap diam ditempat tidak mengambil langkah bersama Tuhan lalu lenyap bersama kematian sehingga kita berujung kepada kebinasaan.

Kebebasan sudah Tuhan berikan, namun jangan sampai kita menyalah gunakan kebebasan kita, keselamatan Tuhan telah berikan bagi kita, namun jangan sampai kita tidak mengerti apa arti dari keselamatan itu apalagi jika kita tidak menghidupinya.

Jangan pernah ragu didalam Tuhan ada jalan keluar. 


Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Tuhan Yesus terimakasih karena aku punya Tuhan yang hebat Tuhan yang dahsyat dan Tuhan yang penuh kasih dan sayang, hari ini aku mau menyerahkan semua kekuatiranku, keluargaku, hidupku dan masa depanku ke dalam tanganMu, aku tidak khawatir karena aku punya Tuhan yang besar, aku mengasihiMu, bahkan seluruh duniapun tidak dapat mengantikanMu, terimakasih Tuhan Yesus hanya didalam NamaMu hamba mengucap syukur dan berdoa haleluya AMEN.”

Song :
Dengan seg’nap hati dan jiwaku
Ku datang pada-mu dalam kerinduan
Kasih-mu yang sanggup mengubahku
Dan menguatkanku dalam pengharapan

Yesus engkaulah permata hatiku
Dunia tak dapat menggantikan-mu
Kemuliaan-mu tercurah bagiku
Menjadikanku indah dan semakin indah bagi-Mu

Perintah :
Lakukan bagianmu

Pesan Tuhan :
Tuhan akan melaukan bagian-Nya

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus


TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar