Minggu, 24 November 2019

SAAT TEDUH-"MEMBERI YANG TERBAIK"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

24/11/2019
Bacaan : 2 Korintus 8
Rhema :


"MEMBERI YANG TERBAIK"

Hasil gambar untuk "MEMBERI YANG TERBAIK""

"Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu." -(2 Korintus 8:12)

Hari ini kita mau belajar untuk memberi yang terbaik bagi Tuhan, seringkali orang berpikir bahwa memberi yang terbaik itu jika kita memberi dengan jumlah yang besar, namun ini salah, memberi yang terbaik adalah berbicara tentang pengorbanan, kenapa disebut pengorbanan karena judulnya "memberi yang terbaik".

Kalau memberi yang asal-asalan aja itu masih biasa, namun memberi yng terbaik itu masih sangat kurang orang yang bisa melakukannya.

Memberi asal-asalan berbicara tentang: apa yang kita beri tidak harus yang terbaik, yang penting ada dan sudah pastinya yang diberikan itu "bukan" yang terbaik bagi kita makanya itu yang kita berikan, dan kita merasakan biasa-biasa aja dalam memberikannya.

Berbeda dengan memberi yang terbaik :
Memberi yang terbaik berbicara tentang : apa yang kita berikan adalah hal yang terbaik yang kita miliki, hal yang harusnya itu menjadi milik kita tapi kita mau kasih buat orang lain.

Ada sebuah kesaksian dan ini bisa menjadi contoh : 
Seorang anak punya banyak sekali boneka, namun dia hanya punya 1 boneka kesayangan yang sebenarnya bonekanya ngga terlalu bagus dilihat, namun itulah kesayangannya, dan suatu hari temannya bermain kerumahnya, anak yang punya boneka tersebut membawa boneka kesayangannya bermain bersama mereka, dan tiba-tiba anak yang main ke rumahnya ini berkata : aku mau boneka ini, dia lucu, dia bagus dan menggemaskan, aku mau.

Apa harusnya respon si anak kecil yang punya boneka itu?
Jika si anak kecil yang punya boneka ini masih egois, dia ngga mau untuk memberi yang terbaik untuk temannya sudah pasti ia akan memberikan boneka yang lain kepada temannya supaya yang kesayangannya ini ngga diambil orang, tapi resikonya temannya ini berarti ngga senang-senang amat karena apa yang dia terima bukan apa yang dia mau.

Namun ternyata si anak kecil yang punya boneka kesayangan ini tanpa ragu memberikan boneka kesayangannya itu kepada temannya yang menyukai boneka itu, walaupun sebenarnya dia sangat sayang dengan boneka itu, tetapi karena ia ingin belajar untuk memberi yang terbaik kepada sesamanya, sekalipun ia merasa sangat sayang namun ia tetap memberikannya tanpa sungut-sungut, dan pastinya temannya ini merasa sangat senang dan bahagia.

Dari cerita si anak kecil ini kita bisa belajar bagaimana sukacitaNya Tuhan jika kita mau memberi yang terbaik dalam hidup kita untuk Dia.

Kita punya banyak hal yang bagus, yang "wah" mungkin dalam hidup kita, kita punya banyak uang mungkin dalam hidup kita, namun mari kita mengerti bahwa ketika Tuhan mau kita memberi yang terbaik buat Dia itu bukan selalu berbicara tentang harta kita, Dia punya segalanya, Dia ga minta harta kita Dia minta hidup kita untuk kita persembahkan seutuhnya sama Tuhan.

Jangan kita memberi dari apa yang tidak kita miliki, beri apa yang kita miliki, seberapapun itu ketika kita merasa itu yang paling berharga paling kita sayang dan kita merasa sangat sayang untuk memberikannya kepada Tuhan, jangan pernah ragu untuk memberikannya karena itulah yang Tuhan mau, Tuhan mau kita benar-benar memberi yang terbaik dalam hidup kita, entah itu kepada teman sahabat atau orang-orang sekitar kita, dan terlebih kepada Tuhan.


Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
"Tuhan Yesus, terimakasih banyak hal yang masih terus aku harus belajar, dan hari ini jika Tuhan mau mengajarkan dan mengingatkan aku untuk terus memberikan yang terbaik kepada sesamaku dan terlebih kepada Tuhan, aku bersyukur, karena Tuhan Yesus sayang sama aku, terus untuk membawa aku lebih dan lebih lagi didalam Engkau, ajar aku untuk tetap setia dan taat dalam segala hal. Terimakasih Tuhan Yesus hanya di dalam NamaMu hamba mengucap syukur dan berdoa haleluya Amenn "

Song :
Betapa hatiku
Berterima kasih Yesus
Kau mengasihiku
Kau memilikiku

Berterima kasih Yesus
Kau mengasihiku
Kau memilikiku

Hanya ini Tuhan persembahanku
Segenap hidupku jiwa dan ragaku
Sebab tak kumiliki harta kekayaan
Yang cukup berarti
Tuk ku persembahkan

Hanya ini Tuhan permohonanku
Terimalah Tuhan persembahanku
Pakailah hidupku sebagai alatMu
Seumur hidupku

Perintah :
"Lakukan yang Terbaik bagi Tuhan"

Pesan Tuhan :
"Tuhan akan melakukan bagianNya"

Teladan : Tuhan Yesus Kristus


TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar