Rabu, 23 Oktober 2019

SAAT TEDUH - "HIDUP YANG MEBANGUN"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

18/10/2019

Bacaan : Roma 2
Rhema :

"HIDUP YANG MEBANGUN"

Gambar terkait

"Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama."-(Roma 2:1)

Alkitab mencatat bahwa; "Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin."-(Matius 24:12)

Bukan hal yang aneh lagi bagi kita jika mendengar orang-orang berbicara kasar, bergosip, hoax, apalagi menghakimi orang lain. Banyak orang yang merasa benar dan menganggap yang lain salah, menghakimi orang lain tanpa tahu kebenarannya (kalaupun tahu lebih baik diam karena itu bagian Tuhan bukn bagian kita).

Hidup di akhir zaman sungguh tidak mudah, penting bagi kita untuk tetap ada dalam payungnya Tuhan.

Akhir Zaman ini bisa membuat orang yang baik menjadi jahat lewat perkataan yang keluar dari mulut kita. Oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk menjaga apa yang harus kita perkatakan dan apa yang tidak harus perkatakan (disimpan sendiri).

Kadang iblis suka memancing kita untuk ikut-ikutan melakukan penghakiman kepada orang lain, merasa kurang update jika tidak ikut melakukan hal itu, takut dibenci, takut dijauhi, takut tidak punya teman adalah hal yang Tuhan bisikan dan taruh dihati kita, itulah yang terjadi dihidupku dulu, tapi ketika aku mengerti kasih Tuhan dan FirmanNya maka akhirnya Tuhan memberikan kepadaku hikmat untuk membedakan mana yang baik untuk aku katakan mana yang tidak, namun tetap saja ku masih belajar untuk menuju kesempurnaan itu, tapi puji Tuhan sekaramg aku tidak lagi takut jika aku harus tidak punya teman, harus dijauhi jika aku mengatakan firman Tuhan, aku ingat seorang hamba Tuhan pernah berkata "jika teman kita menjauh karena kita mengatakan Firman Tuhan kepadaNya, dan menjadi orang baik, maka itu dari Tuhan, sebab Tuhan takut jika kita terus dekat dengan orang itu iman kita justru semakin goyah hingga kita kehilngan iman kita dan pengharapan kita didalam Tuhan".

Di tahun Pey ini kita harus benar-benar memilah perkataan yang harus kita keluarkan, sebab ditahun Mulut ini harusnya kita mendeklarasikan Firman Tuhan karena apa yang kita perkatakan dan deklarasikan maka itu bisa terjadi didalam kehidupan kita. Perkatakan Firman Tuhan bukan perkatakan kejahatan sebab, perkataan kita berkuasa untuk membangkitkan tetapi juga berkuasa untuk mematikan.

Seperti yang terjadi baru-baru inin di dunia per-K-Popan dimana seorang Bintang terkenal yang mati bunuh diri karena tidak sanggup menahan bullying yang disampaikan orang-orang kepadanya.

Ini menjadi sesuatu yang sangat memprihatinkan bagi kita, dimana Tuhan memerintahkan kepada kita untuk saling mengasihi tetapi justru bukannya saling mengasihi tetapi malah menghakimi, sebab itulah manusia, selalu melihat hasil tanpa melihat proses, selalu menganggap dirinya benar dan menyalahkan orang lain.

Inilah yang harus kita perbaiki, bagaimana kita harus benar-benar punya penguasaan diri untuk menahan diri mengatakan sesuatu yang bukannya membangun tetapi untuk menjatuhkan bahkan bisa membunuh orang lain.

Kiranya hidup kita bisa menjadi berkat bagi orang lain bukan menjadi penghalang apalagi menghancurkan orang lain, sebab Firman Tuhan diatas mengatakan ketika kamu menghakimi orang lain maka itu artinya kamu sedang menghakimi dirimu sendiri.

"Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya."-(Galatia 6:7)


Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :

"Tuhan Yesus, terimakasih karena FirmanMu yang selalu menuntunku setiap hari, aku percaya Tuhan tiada berkesudahan kasihMu dalam hidupku, terimakasih Tuhan karena kebaikanMu yang begitu besar dalam hidupku, pakai mulutku, pakai hidupku untuk menyatakan kemuliaanMu, untuk membawa orang lain mengenal Engkau, biarlah setiap perkataan yang aku perkatakan itu sanggup membangun orang lain bukan untuk menjatuhkan mereka, sungguh Tuhan aku berterima kasih karena kasihMu yang begitu besar. Terimakasih Tuhan Yesus sungguh ku bersyukur PadaMu, Haleluya Aminnn.."

Song :
Tuhan Kaulah pengharapanku, kupercaya hanya kepadaMu, Yesus Kaulah perlindunganku, Engkau yang selalu kupuji, mulutku penuh dengan pujian KepadaMu ya Yesus Tuhan, sepanjang hari ku b'di penghormatan kepadaMu ya Allahku.

Perintah :

"Lakukan Amanat Agung Tuhan Yesus."

Pesan Tuhan :
"Janganlah takut karena Dia Allah Imanuel"

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar