Rabu, 23 Oktober 2019

SAAT TEDUH - "RESPON YANG BENAR"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

15/10/2019
Bacaan : Kisah Para Rasul 27
Rhema :

"RESPON YANG BENAR"

Hasil gambar untuk RESPON YANG BENAR

”Karena itu aku menasihati kamu, supaya kamu makan dahulu. Hal itu perlu untuk keselamatanmu. Tidak ada seorang pun di antara kamu akan kehilangan sehelai pun dari rambut kepalanya”-(Kisah Para Rasul 27:34)

Ketika perjalanan menuju ke Roma Paulus dan orang-orang yang berada di kapal itu mengalami terpaan badai gelombang sehingga membuat kapal mereka terombang-ambing, ini menjadi kekhawatiran bagi semua orang dikapal itu, kecuali Paulus, Paulus memiliki dasar Iman yang teguh didalam Tuhan, ia tahu bahwa Tuhan akan menjaganya.

Ketika orang-orang ketakutan, bahkan di ayat yang ke-20 mereka mengatakan bahwa; “putuslah segala harapan kami untuk dapat menyelamatkann diri kami”-(ay. 20c), ketika orang-orang sudah putus asa namun Paulus berbeda, Paulus memiliki harapan didalam Tuhan, ia memiliki keoptimisan di dalam Tuhan, bahkan ia menasehati orang-orang di kapal itu dan memberi kekuatan kepada orang-orang disitu, meyakinkan mereka bahwa Tuhan akan menjaga mereka dan mereka tidak akan binasa, bahkan rambut mereka pun tidak akan dibiarkan hilang sehelai pun; ”Tidak ada seorang pun di antara kamu akan kehilangan sehelai pun dari rambut kepalanya”-(ay. 34b)

Kita bisa membaca bagaimana Paulus begitu tenang ditengah badai yang sedang mereka hadapi, ia tidak ikut-ikutan takut, tapi justru ia malah menenangkan orang ditengah badai itu, jelas itu bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan jika Paulus tidak memiliki dasar iman yang kokoh didalam Tuhan.

Dari sini kita bisa belajar dari Paulus bagaimana sikap hati kita seharusnya ketika kita ditengah badai kehidupan, ini menjadi pelajaran berharga buat saya, bagaimana saya harus punya respon yang benar dan baik ketika menghadapi suatu masalah. Dan bagaimana saya harus mengandalkan Tuhan dalam segala aspek kehidupan saya. Memang tidak mudah untuk memiliki respon yang benar dan tetap fokus kepada Tuhan ketika masalah datang dalam kehidupan kita, namun jika Paulus saja bisa maka kita pun harusnya bisa karena kita punya Tuhan yang sama seperti yang Paulus punya dan percayai saat itu, tetap percaya dan mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita.

Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Tuhan ajarkan aku untuk memiliki sikap hati yang benar dihadapanMu, bantu aku untuk punya fokus yang tepat ya Tuhan, jadikan aku hamba yang sempurna dihadapanMu ya Tuhan. Terimakasih Tuhan, hanya didalam Nama Mu hamba mengucap syukur dan berdoa haleluya Amen”

Song :
Bapa, sentuh hatiku
Ubah hidupku menjadi yang baru
Bagai emas yang murni
Kau membentuk bejana hatiku

Perintah :
Lakukan bagianmu

Pesan Tuhan :

Tuhan akan melaukan bagian-Nya

Teladan :

Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar