Selasa, 22 Oktober 2019

SAAT TEDUH - "JADILAH KEHENDAK TUHAN"

SAAT TEDUH, KESAKSIAN, RINGKASAN KHOTBAH

09/10/2019
Bacaan : Kisah Para Rasul 21
Rhema :

"JADILAH KEHENDAK TUHAN"

Hasil gambar untuk berdoa kristen

”Jadilah kehendak Tuhan!”-(Kis. 21:14b)

Kadang kita selalu mengira bahwa apa yang baik menurut kita adalah yang benar, kita sering mengucap syukur ketika Tuhan memberkati hidup kita dengan apa yang kita suka, yang menyenangkan hati kita.

Kebiasaan orang maunya Tuhan memberkan yang terbaik, tetapi tidak mengerti bahwa jalan Tuhan itu berbeda dengan jalannya kita, Tuhan membawa kita untuk bisa mencintai proses, namun seringkali yang kita cintai itu bukan proses tetapi hasilnya.

Ketika saya membaca Firman Tuhan ini saya diingatkan Tuhan dengan keadaan bangsa kita beberapa hari yang lalu, kita tahu tidak sedikit orang yang ikut ter-provokasi oleh berita yang kemarin-kemarin beredar, sebagian orang menganggap bahwa tindakan yang mereka lakukan (demo) adalah hal yang benar, namun mereka tidak menyadari bahwa ada niat jahat dibalik itu semua, sehingga apa yang salah menjadi benar, sehingga terjadi hal yang seperti kemarin.

Orang yang tidak mengenal Tuhan dan tidak tahu kebenaran Firman Tuhan tidak akan tahu bagaimana memberi respon dalam keadaan seperti itu, karena masih banyak manusia yang mengandalkan pikiran, kekuatannya sendiri, masih banyak manusia yang tidak menyadari bahwa Tuhan sudah merancangkan semuanya dengan sempurna.

Bahwa sesungguhnya, memang kita harus unity seperti yang Tuhan Yesus inginkan, sehingga Indonesia bisa benar-benar membawa Api Kebangkitan Rohani ke bangsa-bangsa lain, dan terjadilah seperti apa yang Tuhan kehendaki sehingga kemuliaan Tuhan turun atas seluruh bumi.

Disini Paulus mengalami hal yang hampir sama, Ia tahu bahwa Roh Kudus memberi pesan bahwa; ia akan ditangkap dan dibawa kepada bangsa-bangsa lain, dan bahkan ia diperingatkan oleh para jemaat di Kaesaria untuk tidak pergi ke Yerusalem (ay. 11b-12)

Namun apa yang dilakukan oleh Paulus, ia mengetahui bahwa Firman Tuhan harus di genapi, bahkan Paulus mengatakan bahwa perkataan mereka yang melarangnya untuk pergi ke Yerusalem membuat hatinya hancur, dan ia memilih untuk tetap pergi karena bukan hanya rela untuk diikat tetapi jika ia harus mati di Yerusalem oleh karena nama Tuhan Yesus ia rela untuk menerimanya.

Disini kita bisa melihat bahagaimana Paulus memiliki sikap hati dan respon yang benar dimata Tuhan, ia menyadari bahwa dalam mengikut Tuhan ada harga yang harus dia bayar dan bahkan jika memang ia harus mati oleh karena Nama Tuhan Yesus itu bukan menjadi suatu yang berat untuk dia lakukan.

Benar saja, Firman Tuhan di Kis 1:8 pun tergenapi, Tuhan menyatakan kebenaran Firman-Nya melalui Paulus. Memang Tuhan selalu merencanakan yang terbaik untuk kita meskipun itu menurut kita tidak enak namun dengan apa yang kita alami Tuhan bisa menyatakan janji kemuliaan dan kebenaran Firman-Nya melalui kehidupan kita.

Tetap percaya dan pegang janji Tuhan, karena kasih setia-Nya melimpah atas hidup kita dan Dia tidak akan pernah meninggalkan kita dalam segala keadaan, Dia Allah yang setia.

Tuhan Yesus selalu baik Amen

Doa :
”Tuhan Yesus, hari ini aku kembali diingatkan bahwa dalam mengikut Engkau ada harga yang harus aku bayar, hari ini aku diingatkan juga bahwa; bahkan seluruh hidupku saja tidak bisa membalas kesetiaanMu dan keselamatan yang telah Engkau berikan dalam hidupku, aku mengucap syukur Tuhan, karena aku punya Tuhan Yesus yang baik, Tuhan Yesus yang dahsyat, yang tahu apa yang terbaik untukku dan selalu menunjukan jalan kebenaranMu, biarlah apa yang aku dapat hari ini boleh aku impartasikan juga kepada orang lain, Terimakasih Tuhan hanya didalam NamaMu hamba mengucap syukur dan berdoa haleluya Amen.”

Song :
S’gala pujian syukur bagiMu
Kau hadir dalam hidupku
Kini kudatang sujud di hadapanMu
MemujiMu, menyembahMu
Yesus ku menyembahMu

Perintah :

Lakukan bagianmu

Pesan Tuhan :
Tuhan akan melaukan bagian-Nya

Teladan :

Tuhan Yesus Kristus

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar