Jumat, 04 Oktober 2019

SAAT TEDUH

29/09/2019
Bacaan : Kisah Para Rasul 11
Rhema :


"MENJADI TELADAN YANG BAIK"


Hasil gambar untuk "karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman.  Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan." -(Kisah Para Rasul 11:24)"


"karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman.  Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan." -(Kisah Para Rasul 11:24)"

Arti nama Barnabas adalah "anak penghiburan", bahasa Aramnya yaitu "putra nabi", sebelum namanya diubah menjadi Barnabas nama aslinya ialah Yusuf, namanya diubah menjadi Barnabas setelah ia menjual hartanya dan menyerahkan uang hasil penjualan kepada para rasul di Yerusalem. Barnabas adala seorang penginjil di Antiokhia dan Siprus, ternyata ia juga teman seperjalanannya Paulus.

Kenapa namanya diubah menjadi Barnabas?
Karena pada saat itu orang-orang suka memberikan nama panggilan sesuai dengan karakteristik seseorang, itu adalah hal yang umum.

Barnabas adalah seorng yang rendah hati, ia suka menolong, bahkan ia rela mengorbankan dirinya untuk orang lain, meskipun tidak termasuk dlam kedua belas rasul pada kenyataannya ia pantas disebut rasul karena ia benar-benar punya karakter yang sungguh amat baik dan menjadi teladan yang baik bagi semua orang, ia penuh dengan roh kudus dan iman, dan para rasul pun menyebut ia adalah orang yang 'dikasihi'.

Barnabas pantas untuk menjadi teladan dan cobtoh yang baik mengingat ia punya kasih yang  seperti Tuhan Yesus, bukankah kita semua dituntut untuk memiliki kasih yang sama seperti kasih Yesus?

Apalagi sebagai seorang pelayan Tuhan hidup kita dituntut untuk menjadi teladan bagi banyak orang bagi jemaat, mata orang tersorot kepada kita, sedikit melakukan kesalahan itu bisa menjadi fatal bagi orang lain bagi jemaat, karena kita yang harusnya menjadi teladan yang baik bagi jemaat, oleh sebab itu tidak mudah untuk menjadi seorang pelayan Tuhan.

Kita harus benar-benar punya karakter seperti Kristus, memang tidak bisa secara instan, semuanya perlu proses, nah justru dalam proses ini kita sering up and down, bahkan sebagian orang memilih untuk menyerah dan mundur dari pelayanan karena tidak mampu untuk dibentuk dan diproses.

Tidak ada yang instan, namun manusia sering kali berharap semuanya instan, ya begitulah manusia, mencintai hasik tetapi justru Tuhan mencintai proses.

Saya yakin Barnabas pasti melewati semua proses itu dengan up and down, namun ia tahu tujuan hidupnya yaitu hanya untuk kemuliaan Tuhan, bahwa hidupnya bukan miliknya lagi tapi adalah milik Tuhan, jadi bagaimanapun dan apapun yang terjadi tetap Tuhan Yesus baik.

Begutupun dengan kita sepatutnya kita memandang proses itu dari sudut pandang Tuhan Yesus bukan dari sudut pandang kita sendiri.

Sebagai pelayan Tuhan hendaklah kita menjadi contoh dan teladan yang baik, meskipun itu perlu proses, kerendahan hati dan membuka diri untuk Tuhan perbaharui hati kita seperti hatinya adalah kunci untuk menjadi seperti yang Tuhan Yesus inginkan, sehingga kehidupan kita hanya untuk kemuliaanNya.


Tuhan Yesus selalu baik Amenn

Doa :
Tuhan Yesus, setiap hari aku bersyukur atas penyertaanMu yang sempurna atas berkat serta hikmat yang Kau berikan, atas setiap proses dalam hidupku, sungguh Tuhan aku bersyukur, ajar aku dan bentuk hatiku untuk serupa dengan hatiMu agar hidupku bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi semua orang sehingga hanya kemuliaanMulah yang nampak Tuhan. Terimakasih Tuhan Yesus Haleluya Aminnn.."

Song :
Hati hamba yang selalu Kau cari biar Kau temukan didalamku, selama kuhidup kumau menyembahMu sbab Engkau sangat berarti bagiku, yang terbaik yang ada padaku kupersembahkan KepadaMu, Yesusku.

Perintah :
"Jadi contoh dan teladan yang baik"

Pesan Tuhan :
"Tuhan Mengasihi kita semua

Teladan :
Tuhan Yesus Kristus


TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar